kumpulan ulasan tentang berbagai artikel teknologi dan informasi

Membuat Form Cetak struk Sederhana Di Visual Basic 6.0

Membuat form struk sederhana - Jumpa lagi dengan saya, hahaha pada kesmpatan kali ini saya akan membagikan ulasan bagai mana sih cara membuat form struk sederhana di visual basic 6.0, sebenarnya cara membuat form struk ini sangatlah mudah bagi mereka yang sudah mahir dalam program visual basic 6.0, ya iyalah namanya juga sudah mahir pasti akan terasa sangat mudah hihihi.

Membuat form atau struk di visual basik tentu salah satu item yang sangat diperlukan apalagi jika kita membuat sebuah program bertemakan peminjaman buku, penitipan motor, program kasir, dan yang lainnya yang sekiranya dibutuhkan untuk membuat form struk ini.

Pada sebuah study kasus dimana saya sedang menimba ilmu pada salah satu universitas di jawabarat ada salah seorang dari rekan saya yang menanyakan bagai mana sih caranya membuat form struk, tentu dia sangat kebingungan dengan trik dan tips yang satu ini, karena tugas yang diberikan kepada dia oleh salah satu dosen yang membina di universitas tersebut mempercayakan sebuah program untuk dia buat, yaitu program perpustakaan, Dengan fiktif peminjaman buku di salah satu sekolah.

Nah berikut ini artikel yang akan mengulas bagaimana cara membuat form struk sederhana, yang saya bagikan dengan sedetail mungkin, agar bisa mudah untuk dimengerti dan mudah juga untuk difahami, ya intinya untuk mempermudah pembelajaran teman-teman yang baru terjun ke pemerograman visualbasic 6.0.



Langkah pertama buka aplikasi visual basic nya.
visual basik membuat form struk
Form 1.1
Nah buat lah dua form, form yang pertama adalah form data peminjam dimana satu form di isi dengan nama alamat berapa buku yang dipinjam, tanggal pinjam, tanggal kembali, dan seterusnya yang sekiranya data dibutuhkan untuk kedetailan peminjaman buku, Pada sebuah label, dan buatlah empat text boxnya juga, dan satu command button, lihat gambar dibawah agar lebih jelas.



Form peminjaman buku.
form pinjam buku
Form 1.2
Pada langkah ini saya tidak menerangkan tentang coding simpan, codding edit, codding close, untuk codding simpan dan yang lainnya akan saya jelaskan pada artikel yang lainnya di lain waktu, oke kembali ke pembahasan, pada command button di form peminjam isikan codding berikut ini.

'cetak _data adalah nama form struk
cetak_data.Font = "courier new"
cetak_data.Show
cetak_data.CurrentX = 0
cetak_data.CurrentY = 0

'adalah ukuran untuk huruf ketika dicetak nantinya
cetak_data.FontSize = 9.5

'tab adalah jarak font dari sisi kanan form
cetak_data.Print Tab(3); " PERPUSTAKAAN";
cetak_data.Print Tab(2); " DUNIA";
cetak_data.Print Tab(3); "STRUK";
cetak_data.Print Tab(3); "PEMIJAMAN BUKU "; Format(Time, " hh:mm:ss AM/PM");
cetak_data.Print Tab(2); "=======================================";
cetak_data.Print Tab(3); "NO_ANGGOTA : "; Text1;
cetak_data.Print Tab(3); "NAMA : "; Text2;
cetak_data.Print Tab(3); "TGL_P : "; DTPicker1;
cetak_data.Print Tab(3); "TGL_K : "; DTPicker2;
cetak_data.Print Tab(2); "=======================================";
cetak_data.FontSize = 9.5
cetak_data.Print Tab(3); "BUKU YANG DIPINJAM";
cetak_data.Print Tab(3); "KODE BUKU | JUDUL BUKU";
cetak_data.Print Tab(2); "=======================================";
cetak_data.Print Tab(3); Text4; " | "; Text11;
cetak_data.Print Tab(3); Text5; " | "; Text12;
cetak_data.Print Tab(3); Text10; " | "; Text13;
cetak_data.Print Tab(2); "=======================================";

Cetak data adalah nama dari form cetak nanti yang akan kita buat.
setelah kita buat form pinjam dan codding print struk pun sudah dimasukan langkah selanjutnya adalah membuat form cetaknya, lihat gambar dibawah.



Form cetak
form cetak
Form 1.3
Form cetak ini dibuat dengan sangat sederhana, kita tidak perlu mengisikan tools seperti label dan yang lainnya, cukup form kosong yang nantinya kita gunakan untuk tampilan cetak struk, untuk backgroun tinggal kita ubah dengan memilih gambar pada properties dan pilih picture, Berinama form cetak dengan nama cetak_data seperti codding yang ada di form pinjam yang sudah kita buat pada button cetak.

Sampai disini kita sudah selesai membuat cetak struk sederhana pada program visual basic 6.0, tinggal kita eksekusi programnya, jalan atau tidak, kalau program yang saya buat sih jalan dan running sangat lancar dan memuaskan :D , bagai mana dengan punya teman-teman hehehe, lihat gambar dibawah untuk tampilan program form cetak saat di running.



Form cetak pada saat di running.
form cetak data
Form 1.4
Sangat sederhana bukan, untuk desainnya atau tampilan programnya silahkan teman-teman explore pemikiran dan imajinasi teman-teman untuk membuat program yang satu ini, karena saya yakin ide yang teman-teman miliki tentunya sangat bervariatif, buatlah program yang banyak orang menyukainya, supaya jasa teman-teman nantinya dalam membuat program dapat dipakai oleh orang lain, dan dapat menjadi inventasi jangka panjang dalam memenuhi kebutuhan hidup lewat jasa pembuatan program.

Sekian dari saya jika ada yang ingin ditanyakan silahkan tanyakan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Membuat Form Cetak struk Sederhana Di Visual Basic 6.0